FIRST POWERLIFTING MEET: DAWN OF THE IRON GAME


Penulis: Hans Krisna


Berawal dari obrolan untuk membuat farewell party untuk Joshua Liaw, salah satu member dari SBC yang berpindah domisili ke Yogyakarta, saya mempunyai ide untuk membuat "Powerlifting Mock Meet" dengan tujuan untuk seru-seru an saja dan merasakan sensasi bertanding Powerlifting sungguhan (dengan 3 attempt setiap lift yang dilombakan, yaitu Squat, Bench, Deadlift). Peserta nya pun awalnya hanya sedikit orang. Namun tanpa disangka-sangka, banyak member juga yang ingin mengikuti Mock Meet ini. Akhirnya kami memutuskan untuk membuat event Powerlifting Meet untuk semua member SBC.

Awalnya kami merasa bahwa animo peserta untuk event ini hanya sekedar ingin main-main saja. Namun tanpa disangka-sangka ternyata semua peserta sangat bersemangat untuk mengikuti Meet ini. Bahkan diantara para peserta sudah mempunyai target ingin mengalahkan peserta lainnya! Karena melihat antusiasme yang sangat luar biasa dari para peserta, kami memutuskan untuk membuat meet ini sedikit lebih serius seakan-akan bahwa kami menyelenggarakan event Powerlifting sungguhan. Kami membuat rules-rules, isi dan alur acara yang menurut kami sesuai untuk meet ini.

Kami juga menambahkan gaya-gaya khas kami sendiri di meet ini (karena menurut kami Powerlifting Meet seperti IPF sangatlah boring :D).Kami melakukan "match up" antar peserta yang mempunyai total yang hampir sama. Seperti saya dengan Victor dan Norman dengan David Widjojo (namun sayang David Widjojo tidak dapat mengikuti meet dikarenakan sakit). Dan kami membuat seolah-olah ini adalah "battle" antara lifter dengan membuat poster dan judul/tema untuk meet ini "THE DAWN OF THE IRON GAME

(Oke-oke saya ngaku sebenarnya saya yang "mengadu domba" antar peserta :D)





Kami juga terinspirasi oleh Animal The Cage, (acara yang diselenggarakan oleh Suplemen Universal) yang melibatkan lifter-lifter papan atas yang mengadu angkatan di Cage. Kami menyetel musik rock/metal selama meet untuk memanaskan suasana (bahkan kami membebaskan lifter untuk memilih theme song pada saat namanya dipanggil atau ingin break PR!). Kami juga menyiapkan MC selayaknya acara tinju untuk memberikan komentar. Saya rasa event Powerlifting IPF pun tidak seseru acara Dawn Of The Iron Game!

Acara dimulai dengan sesi penimbangan berat badan. Lalu dimulai dengan angkatan Squat, diikuti oleh Bench Press dan Deadlift. Urutan lifter yang melakukan attempt sesuai dengan berat attempt yang dilakukan lifter, dari yang teringan dipanggil pertama kali sampai yang terberat.

Kami membuat 2 kelas yaitu untuk Beginner dan Advance. Tidak ada weight class dan tidak ada hadiah untuk pemenang dikarenakan tujuan dari acara ini hanya untuk temu akrab antar member SBC. Kami bersenang-senang, latihan, dan break PR di meet ini.

Berikut adalah hasil meet Dawn Of The Iron Game


click gambar untuk memperbesar





Result

Beginner Class:
1. Highest Total: Enrico (435kg)
2. The Best Wilks Score: Gustaaf (286,52)
3. The Best Squatter: Raynadi (190kg)
4. The Best Bencher: Ichaal (110kg)
5. The Best Deadlifter: Gustaaf (190kg)

Advance Class:
1. Highest Total: Victor (610kg)
2. The Best Wilks Score: Victor (398,94)
3. The Best Squatter: Norman (200kg)
4. The Best Bencher: Victor (180kg)
5. The Best Deadlifter: Victor (250kg)


Menariknya walaupun kami saling bersaing satu sama lain tapi kami juga sangat mensupport satu sama lain. Ketika lifter yang dipanggil gilirannya untuk mengangkat, lifter lainnya membantu sebagai plate loader, menyemangati sebelum mengangkat (contohnya memberikan amonia sebelum mengangkat) dan bahkan ketika lifter tersebut berhasil break PR, kami semua ikut merasakan kegembiraan tersebut seakan-akan semua member SBC berhasil untuk break PR.



Saya rasa tidak ada satupun gym komersial di Indonesia yang memiliki environment yang saling mendukung satu sama lain, dan kekompakan yang kuat seperti hal nya di SBC


Dengan sukses nya event pertama kami Dawn Of The Iron Game, kami membuat akan membuat event meet berikutnya rencana akan diadakan di bulan September. Rencana nya kami akan membuat event Powerlifting Meet secara rutin 2 kali dalam setaun dan kami memberi nama acara ini THE IRON GAME act 1. Untuk event selanjutnya kami akan membuat acara ini lebih terkoordinasi, kami juga mengundang untuk non member ikut berpartisipasi di event ini, kami juga akan membagi weight class untuk para peserta dan kami juga akan memberikan penghargaan untuk pemenang.


Saya kira acara Powerlifting Meet dengan gaya ala SBC merupakan yang pertama kali di Indonesia. Oleh karena itu kami, Strongholdz Barbell Club dengan bangga mengatakan bahwa kami adalah pionir event Powerlifting pertama di Indonesia! Harapan kami ke depan adalah kami bisa membuat federasi Powerlifting untuk recreational lifter, yang seperti kita tahu bahwa lomba Powerlifting di Indonesia hanya di buat untuk atlit PABSI saja.











See you all on the next event, "THE IRON GAME act 1".



Sumber : http://www.strongholdz.com/